Apa sih Prototype itu??
Hmm, prototype adalah sebuah Javascript Framework yang dibuat untuk
lebih memudahkan proses dalam membangun aplikasi berbasis web. Nah,
prototype itu sendiri sebagai suatu paradigma baru dalam pengembangan
sistem informasi,tidak hanya sekedar suatu evolusi dari metode
pengembangan sistem informasi yang sudah ada,tapi juga merupakan
revolusi dalam pengembangan sistem informasi manajemen.
# Kalau dalam perancangan sistem interaktif, prototype bisa berupa:
• Serangkaian skets layar;
• Sebuah storyboard, i.e. a cartoon-like series of scenes Powerpoint slide show;
• Video yang mesimulasikan penggunaan sebuah system;
• Model dari kayu(contoh. PalmPilot);
• cardboard mock-up.
Sebuah perangkat lunak dengan fungsionalitas terbatas yang ditulis dengan suatu bahasa pemrograman.
# Alasan membuat Prototype
• Evaluasi dan umpan balik sangat penting dalam perancangan
• Para Stakeholders dapat lebih mudah melihat, memegang, dan
berinteraksi dengan prototype dari pada dengan dokumen atau gambar
• Anggota tim bisa berkomunikasi secara lebih efektif
• Lebih mudah mencoba ide-ide baru
• Mendorong pemikiran lebih dalam aspek perancangan yang sangat penting.
• prototype mendukung perancang dalam memilih alternatif rancangan
# Prototype juga terbagi menjadi 2 Jenis, yaitu :
Jenis pertama :
Suatu Sistem yang akan menjadi sistem operasional
Jenis kedua :
Suatu model yang dapat dibuang yang berfungsi sebagai cetak biru bagi sistem operasional.
# Dalam karakteristik metode prototyping meliputi langkah-langkah :
1. Pemilahan fungsi
2. Penyusunan Sistem Informasi
3. Evaluasi
4. Penggunaan Selanjutnya
# Jenis-jenis dari prototyping meliputi :
1. Feasibility prototyping
2. Requirement prototyping
3. Desain Prototyping
4. Implementation prototyping
# Teknik-teknik pada prototyping meliputi
1. Perancangan Model
2. Perancangan Dialog
3. Simulasi
Apa sih Sistem yang bermanfaat dari PROTOTYPE??
Sejak kebutuhan (baca :Spesifikasi Fungsi) pada umumnya berhubungan
dengan pandangan user terhadap sistem, hanya dengan prototipe tampilan
bagi user sudah cukup untuk memeriksa yang dibutuhkan. Menu, bentuk
tampilan input, tampilan output, atau laporan yang dicetak, berbagai
pertanyaan, pesan-pesan merupakan calon yang ideal untuk PROTOTYPE.
Di lain pihak, perhitungan yang rumit, kumpulan update data dan
realtime, dan sistem yang bersifat scientific sangat sulit untuk
dijadikan model. Sistem yang paling sesuai untuk prototipe adalah satu
dari banyak hal yang bergantung pada sistem input/output dari user.
Sistem dengan transaksi on-line dikendalikan melalui menu, layar,
formulir, laporan, daftar dan perintah.
Keuntungan yang didapat dari prototipe, yaitu:
1. Menghasilkan syarat yang lebih baik dari produksi yang dihasilkan oleh metode ‘spesifikasi tulisan’.
2. User dapat mempertimbangkan sedikit perubahan selama masih bentuk prototipe.
3. Memberikan hasil yang lebih akurat dari pada perkiraan sebelumnya,
karena fungsi yang diinginkan dan kerumitannya sudah dapat diketahui
dengan baik.
4. User merasa puas. Pertama, user dapat mengenal melalui komputer.
Dengan melakukan prototipe (dengan analisis yang sudah ada), user
belajar mengenai komputer dan aplikasi yang akan dibuatkan untuknya.
Kedua, user terlibat langsung dari awal dan memotivasi semangat untuk
mendukung analisis selama proyek berlangsung.
Senin, 06 April 2015
PROTOTYPE..
19.48
No comments
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar